Storyboard Undertale


Nama : Muhammad Daffa Abiyyu Rahman
NRP : 07211640000010
Storyboard Undertale
Undertale adalah sebuah permainan yang menceritakan pertualangan tentang seorang manusia dengan gender tidak terdentifikasi (permainan mereferensikan dengan ‘mereka (they/them)’, bukan ‘dia (laki-laki)/him’ maupun ‘dia (perempuan)/her’ (selanjutnya disebut karakter) yang terjatuh di sebuah gua dalam gunung.

Di Undertale, ada sebuah karakter yang namanya dapat ditentukan oleh player. Pada saat permainan dimulai, karakter akan berada diatas sebuah kumpulan bunga. Karakter ini bergerak sesuai arah arrow key yang ditekan pemain dan akan bertemu dengan berbagai karakter lain di permainan.

Saat karakter ini mendekati sebuah objek, karakter ini dapat berinteraksi dengan objek tersebut dengan pemain menekan sebuah tombol. Interaksi dengan objek akan sangat bergantung dengan objek yang diinteraksi oleh karakter. Interaksi ini memungkinkan pemain untuk membuka pintu, mematikan perangkap, menyalakan switch dan lain sebagainya. Satu aspek penting terkait dengan interaksi ini adalah dengan bintang yang berada di lokasi tertentu.

Objek bintang adalah tempat save point, dimana data progress permainan akan disimpan pada file permainan saat pemain berinteraksi dengan bintang tersebut. Bintang juga menjadi objek dimana pemain akan hidup kembali jika mereka mati dalam permainan.

Selain berinteraksi, karakter ini juga dapat bertarung dengan karakter lain (selanjutnya disebut lawan) di permainan, dimana pertarungan dimulai dengan ditandai sebuah tanda hati merah (atau tanda lain pada situasi tertentu).

Pada fase ini, layar pemain akan berubah menjadi layar pertarungan, yang menampilkan lawan dari pemain dan sekumpulan menu aksi sang pemain.
Setiap menu berperan untuk melakukan sebuah aksi saat giliran pemain.
FIGHT : Menyerang lawan dengan senjata, mengakibatkan luka
ACT : Melakukan aksi seperti berbicara, memeriksa, dan melakukan tindakan untuk membantu bernegosiasi
ITEM : Membuka daftar item yang ada di tangan pemain
MERCY : Melarikan diri atau mengampuni lawan
Saat melakukan FIGHT atau ACT, pemain dapat memilih satu lawan untuk menjadi target dari tindakan tersebut. Setelah itu pemain dapat menentukan tindakan kita saat ACT dan menarget kekuatan serangan kita saat FIGHT. Di ACT, sebagian nama akan berwarna kuning, menandakan karakter dengan nama tersebut dapat di Spare (lebih jelasnya di bagian MERCY).

Saat memilih ITEM, pemain dapat memilih ITEM yang dimilikinya untuk digunakan. Setiap ITEM memiliki efek yang berbeda terhadap karakter (dan terkadang kondisi permainan secara keseluruhan).

Dan aksi terakhir adalah MERCY, yang memberi pemain pilihan Spare (mengampuni) dan Flee (melarikan diri). Saat memilih Spare, semua karakter berwarna kuning akan berubah menjadi keabuan dan tersingkir dari pertempuran. Jika Spare menghapuskan semua lawan, pertempuran akan berakhir. Flee memberikan kemungkinan untuk pemain melarikan diri dari pertempuran. Spare dan Flee tidak dapat dipilih jika sedang berhadapan dengan lawan tertentu.

Setelah melakukan sebuah aksi, permainan akan berganti menjadi giliran lawan. Pada fase ini, ada sebuah hati milik pemain yang dapat di kontrol dengan arrow keys untuk menghindari berbagai objek senjata yang diciptakan oleh lawan.

Saat terkena serangan, simbol hati akan berkedip dan bar kuning akan berisi merah sesuai rasio darah hilang/darah maksimal dalam persentase (maksimal persentase 100%) serta objek angka akan berubah dari z/y menjadi x/y dimana x adalah darah setelah serangan, y adalah darah maksimal dan z adalah darah sebelum serangan. Jika nilai angka mencapai 0 atau lebih kecil, maka permainan berakhir dan pemain dapat mengulang dari bintang terakhir yang disentuhnya.

Dalam cerita permainan, pemain akan melalui beberapa tempat, dimana pemain akan bertemu dengan berbagai orang dan tantangan untuk dapat terus melanjutkan perjalanannya keluar dari gunung. Permainan berakhir setelah mencapai tempat terakhir dan mengalahkan boss terakhir permainan diarea tersebut.

DOWNLOAD PDF DENGAN GAMBAR : DOWNLOAD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[HOAX] Pesan Juru Kunci

Daftar Enzim Pencernaan, Letak dan Fungsi

Typeform : Membuat Formulir dengan Mudah!